Tutorial install cisco packet tracer di linux mint 17.3

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat malam para pembaca, berjumpa lagi dengan penulis dalma artike ini. Kali ini penulis akan membagikan tutorial install cisco packet tracer. Oke, langsugn saja baca penjelasan dibawah.

Pengertian


Cisco packet tracer adalah adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Latar Belakang

Dengan aplikasi simulator cisco packet tracer ini, kita dapat mempelajari tentang konfigurasi jaringan dengan router cisco. Karena konfigurasi di simulator ini hampir sama dengan konfigurasi di kenyataannya. Jadi, anda akan lebih mudah memahami konfigurasi jaringan dengan simulator cisco packet tracer walaupun masih belum paham dan mengerti benar.

Maksud dan Tujuan

Untuk menambah wawasan dan mengetahui bagaimana cara install cisco packet tracer di linux, khusunya linux mint 17.3 ini. Mungkin bila sistem operasi anda linux mint 17.3 dan sudah install cisco, maka anda mungkin akan mengalami hal yang sama seperti penulis, yaitu membuka cisco packet tracer melalui terminal.

Waktu Pelaksanaan

Membutuhkan waktu sekitar 5 menit

Alat dan Bahan

  • Laptop
  • File cisco packet tracer

Langkah - Langkah

  • Download terlebih dahulu cisco packet tracer pada situs resminya.
  • Kemudian masuk ke terminal (Ctrl + Alt + T) dan masuk sebagai root.
  • Pindah ke direktori dimana packet tracer yang anda download tadi tersimpan, cd Downloads. Maka akan terlihat packet tracer yang telah di download.

  • Ekstrak file tersebut, tar xzvf "nama file". Setelah di ekstrak, pindah ke direktori packet tracer tersebut dan cari file bernama install, ketikkan perintah ./install untuk mengeksekusi file tersebut.
  • Maka akan muncul tampilan Software License Agreement dan anda akan di hadapi dengan pertanyaan seperti ini, Do you accept the terms of EULA? pilih yes saja.

  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Penulis mengalami kendala di linux mint, packet tracer yang telah terinstall tidak terdapat di menu dan harus menjalankan lewat terminal. Itu sangat menyebalkan menurut saya. Dan ternyata cara mengatasinya sangat mudah.
  • Masih di terminal, pindah ke direktori aplikasi cd /usr/share/applications/ disitu terdapat banyak aplikasi yang terinstall di laptop.
  • Edit file packet tracer, biasanya bernama pt7.desktop. Ketikkan perintah nano pt7.desktop maka akan muncul tampilan seperti dibawah.

  • Ubah Executenya menjadi packettracer sesuai dengan perintah pemanggilan melalui terminal. Agar aplikasi tersebut dapat muncul di menu utama, kita dapat menambahkan sedikit konfigurasi seperti gambar dibawah.

  • Tekan Ctrl + O untuk menyimpan lalu Enter. Maka otomatis aplikasi packet tracer akan muncul di Menu > Education.
  • Dan inilah tampilan awalh cisco packet tracer yang telah terinstall.

Kesimpulan

Jadi, mudah sebenarnya untuk menginstall cisco packet tracer ini. Untuk dapat menginstallnya, anda harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu. Dan biasanya orang yang menginstall cisco packet tracer di linux mint 17.3 mengalami hal yang sama seperti kendala diatas, yaitu membuka aplikasinya melalui terminal. Biasanya mengetikan perintah packettracer.

Referensi

http://www.cisco.com/


Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca.

Wassaalmu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Previous
Next Post »
Thanks for your comment